Jumat, 14 Desember 2007
Saat ini, manusia dimudahkan dengan berbagai sumber informasi yang mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Sudah ada internet yang mudah dijangkau masyarakat, apalagi gadget dengan teknologi yang canggih sekarang memungkinkan informasi diperoleh dalam genggaman dengan waktu yang kilat. Tentunya semakin mudahnya akses pada information source ini memiliki berbagai dampak baik positif maupun negatif.

Positifnya, kita dapat dengan mudah mendapatkan berita terbaru dalam hitungan detik, kita bisa keep in touch dengan rekan dan kerabat yang berbeda pulau bahkan negara dengan cost yang murah, kita juga bisa mendapatkan hiburan.
Negatifnya, beberapa situs menyediakan layanan yang memungkinkan para penggunanya mengalami degradasi pandangan (well, itu sih tergantung personanya- saya no comments untuk yang satu ini). Ada pula situs-situs yang memungkinkan penggunanya menikmati hasil karya orang lain (lets say: youtube) sehingga bisa saja pengguna tersebut meng-copy paste karya tersebut tanpa mempedulikan hak cipta atau copy right.

Copy paste? atau terinspirasi? Ambiguitasnya terlalu tinggi. Kita kadang kurang bisa membedakannya. Dan mungkin seenaknya menuduh para pekerja kreatif -tidak kreatif- tanpa melihat proses dibalik penciptaan sebuah karya. Mungkin juga pekerja kreatifnya yang kurang mawas diri dan terlalu pongah mengakui karya mereka orisinil dan hanya terinspirasi bukan copy paste. Tidak ada yang salah. Jangan salahkan akses informasi yang semakin mudah dan terus belajar dan berusaha menjadi kreatif, niscaya kemustahilan itu tidak ada.

Penciptaan karya yang orisinil memang butuh proses -usaha tanpa kenal kata menyerah- dan tidak serta merta jatuh dari langit. Manusia hanya harus percaya dan yakin bahwa semua mungkin. Buktinya Neil Amstrong bisa mendarat di bulan, Wright bersaudara mampu menciptakan pesawat terbang dan banyak contoh lainnya. Pengembangan dari hasil karya yang sudah ada tidak salah kok asalkan jangan total mencontek tanpa ada kreatifitas sama sekali di dalamnya. Manusia kan dianugerahi otak untuk berpikir dan berinovasi:)

Selamat berkarya!
posted by ninabelle at 09.50 |

0 Comments: