Kamis, 16 Oktober 2008
Akibat mati gaya libur Lebaran kemarin, durasi nonton tv saya jadi berlebihan (FYI, saya lebih memilih membaca buku atau menikmati pemandangan alam daripada berjam-jam melototin kotak bergambar dan bersuara ituh...hehe...even saya termasuk team dibalik program televisi;p). Jadi, liburan kemarin kan beberapa stasiun televisi berlomba-lomba memutar film Indonesia, sayapun mencoba menonton (ga semua sih...kalo film yang ga menarik ga saya lanjutkan nontonnya...maaf yaa). Maklumlah, tidak semua film Indonesia saya tonton karena semakin hari production house semakin ajaib dalam pemilihan tema sekedar untuk kejar setoran.

Ada satu film yang saya tonton sampai selesai yaitu LOVE . Bukan para pemainnya yang membuat saya berpaling, tapi pemilihan temanya menggelitik dan sederhana. Bukan film ini yang pengen saya bahas tapi salah satu kalimat yang diucapkan Darius Sinathrya yang berperan sebagai penjaga sebuah toko buku yang punya cita-cita menjadi penulis.


Beginilah kalimat itu:
" Hidup seperti toko buku, ada yang ringan ada yang berat, kebanyakan orang datang mencari yang ringan"


Nice quotation.
Hidup punya cara sendiri untuk menempa manusia. Manusia selalu punya pilihan bagaimana menjalaninya. Dan jika hidup itu toko buku kemudian saya memilih membeli buku yang ringan, alangkah sayang karena biasanya untuk buku ringan hanya akan saya lahap dalam beberapa jam saja, namun saya memang tetap membutuhkan buku yang ringan sebagai jeda, jeda setelah hari yang melelahkan. Buku yang ringan tentu punya manfaatnya sendiri. Buku yang berat biasanya tidak seberat penampakannya, saya akan dituntut untuk berpikir dan menganalisa lebih dalam, bukan berarti tidak bisa dipahami. Buku yang berat mengasah ketajaman pikir dan kepekaan hati sebagai bekal menapaki hari.


Toko buku itu menyediakan bermacam-macam buku. Dan semua buku tentunya punya kekhasan sendiri, manusia bebas memilih, bebas membaca. Dan selalu ada pembelajaran dalam tiap buku. Seperti hidup, selalu ada pembelajaran dibalik semua kejadian.


Cheers,
posted by ninabelle at 20.27 |

0 Comments: