Selasa, 29 April 2008


Saya ini warga negara Indonesia yang sangat Jawa. Saya memang etnis Jawa, papi& mami saya berasal dari Jogja& Klaten dan saya besar di Ungaran. Kultur Jawa begitu mendarah daging dalam diri saya, tentunya tidak terlepas dari didikan papi yang sangat kejawen (read: berbau Jawa). Rekan-rekan saya di kantor bahkan bilang kalo Nina tuh Jawa banget...hehe.

Saya tidak keberatan tuh dibilang gitu, karena ya inilah saya. Saya rasa, setiap suku bangsa itu punya keunikan sendiri-sendiri. Dari bahasa sampai budaya yang meliputi berbagai hal seperti kesenian dan makanan. Orang Jawa dikenal memiliki stereotype sebagai sukubangsa yang sopan dan halus. Tetapi mereka juga terkenal sebagai sukubangsa yang tertutup dan tidak mau terus terang. Sifat ini konon berdasarkan watak orang Jawa yang ingin menjaga harmoni atau keserasian dan menghindari konflik, karena itulah mereka cenderung untuk diam dan tidak membantah apabila terjadi perbedaan pendapat.(http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Jawa). Ada benarnya juga, memang itu sih yang saya rasakan sebagai perempuan Jawa, tapi ga berarti saya takut berpendapat...hehe. Saya senang kok mewakili suku bangsa Jawa di tengah pluralitas lingkungan saya sekarang. Bikin hidup jadi lebih berwarna.
posted by ninabelle at 20.58 |

0 Comments: